Pengunjung

Senin, 21 Maret 2011

Sarana Air Bersih Dibangun di Lereng Merapi

Magelang - PT Indomarco Prismatama (Indomaret) membantu pembangunan air bersih di Dusun Babadan, Desa Paten dan Dusun Gawok, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Sarana air bersih di dua dusun tersebut rusak parah saat erupsi Merapi beberapa waktu yang lalu.
Kondisi ini disebabkan, kawasan itu terkena hujan abu dan pasir vulkanik dalam skala besar hingga sejumlah pipa penyalur air bersih tertimbun dan rusak. Selama ini, warga harus mengambil air secara manual untuk kebutuhan sehari-hari sehingga sangat menyulitkan.
Sumber air lama yang berjarak 500 meter juga berkualitas buruk karena kotor. Akibatnya, dusun dengan 368 jiwa dari 79 kepala keluarga itu kesulitan air bersih. "Kami terpaksa mencari sumber mata air baru karena mata air lama rusak dan berair keruh," kata Kepala Dusun Gawok Sumber, Parwadi, kemarin (20/3/2011).
Warga berhasil menemukan mata air baru di Dusun Berut yang cukup bersih. Sayangnya, mata air tersebut berjarak sekitar 2 km sehingga dibutuhkan biaya besar untuk mengalirkannya ke rumah-rumah penduduk.
Beruntunglah ada perusahaan yang bersedia mengulurkan bantuan untuk mendanai pembangunan saran air bersih. Sarana air bersih ini berupa, penampungan air dari di mata air dan pipa sebagai sebagai penyalur. Menurut Parwadi, warganya mengalami kesulitan air bersih sudah selama lima bulan.
"Semua ini merupakan hasil kerja sama perusahaan dengan masyarakat, termasuk konsumen Indomaret yang ikut program Dompet Peduli Merapi. Semoga sarana air bersih ini bermanfaat untuk warga," kata Brand Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) cabang Yogyakarta Tanti. [R/CN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar