Pengunjung

Selasa, 12 April 2011

Desa Gumiwang Juara Festival Kuda Lumping

Wonosobo - Kelompok kesenian kuda lumping Desa Gumiwang berhasil meraih predikat juara pertama dalam Festival Kuda Lumping dalam rangka HUT Jadi ke 10 Kecamatan Sukoharjo di lapangan sepakbola kota setempat. Adapun juara dua diraih kelompok kuda kepang desa Karanganyar dan kelompok kesenian dari Desa Suroyudan. Masing-masing mendapat uang pembinaan dan tropi.
Berdasar informasi yang dikumpulkan koran ini, festival yang berlangsung sehari itu diikuti sebanyak delapan kelompok kesenian yang berasal dari 6 Desa. Tiap kelompok menampilkan dua jenis tarian kuda lumping dan kuda kepang dengan ketentuan aspek kualifikasi penilaian performa, harmonisasi antara gerakan dan tarian, dan kostum penampilan.
Camat Sukoharjo Dudi Wardoyo mengatakan kegiatan itu diselenggarakan sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional (mass culture). Pasalnya keberadaan seni rakyat terlebih kuda lumping dan jenis seni rakyat lainnya terancam punah oleh serangan arus budaya pop yang ditawarkan pemilik modal (high culture). Sehingga kehidupan rakyat terkikis dari falsafah hidup dalam tradisi budaya Jawa.
“Ini juga untuk menggali potensi sekaligus kaderisasi seni rakyat di wilayah Kecamatan Sukoharjo ” tuturnya Sabtu (9/4/2011).
Menurutnya potensi seni rakyat di Kecamatan Sukoharjo untuk tari kuda lumping sangat besar. Saat ini keberadaan mereka terus tumbuh sebagai satu kesatuan iktikad baik dari masyarakat di Kecamatan Sukoharjo untuk terus nguri-uri kebudayaan dari pewaris negeri ini.[R/Yudi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar