Pengunjung

Rabu, 23 Maret 2011

Christian Sugiono Kampanyekan Wikipedia Bahasa Jawa

Semarang - Kompetisi menulis di Wikipedia bahasa Jawa 'Papat Limpad' (empat terhebat) diluncurkan, Senin (21/3). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Wikipedia Indonesia dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Kompetisi menulis artikel dengan bahasa Jawa untuk diunggah ke Wikipedia ini langsung disosialisasikan oleh Dekan FBS Unnes Rustono, Direktur Proyek Papat Limbad Prasetyo, Dirjen Aplikasi Informatika Bambang Heru, dan Duta Pengetahuan Bebas Christian Sugiono.
Direktur Proyek Papat, Limbad Prasetyo menjelaskan, kompetisi ini dilatar belakangi untuk merevitalisasi Wikipedia bahasa Jawa yang selama ini perkembangannya masih lambat. ''Sehingga, harapannya dengan kegiatan ini konten  yang ada di laman kami dapat bertambah lebih banyak,'' ungkapnya.
Aktifitas kompetisi menulis ini didanai dari hibah Wikipedia Foundation dan kontribusi Unnes dengan dana senilai Rp 90 juta. Tulisan 100 peserta yang terdiri dari 90 mahasiswa dan 10 dosen ini akan dinilai sesuai ketentuan yang  dipersyaratkan.
''Artikel yang ditulis dengan bahasa dan alur yang baik, subyektif serta netral akan menjadi dasar penilaian kami. Disamping kualitas, kami juga akan menilai kuantitas atau jumlah artikel yang dikirim,'' terang Wakil Direktur Proyek Papat Limbad Ikhsan Muchtar.

Lomba ini akan dibagi dalam empat tahap yaitu, bulan April-Mei, Juni-Juli, Agustus-Oktober, dan finalisasi atau pengumuman pemenang pada Oktober 2011. Sedangkan, juri yang akan menilai dari Dosen FBS Unnes dan perwakilan kontributor senior di Wikipedia Indonesia.

Selama dua hari di FBS Unnes akan dilakukan kompetisi terintegrasi berupa pelatihan dan uji ketahanan. Tujuannya, sebagai pengayaan artikel berkualitas berbahasa jawa dalam ranah internet, juga semangat sukarelawan membebaskan  pengetahuan menjadi karya nyata.
Dekan FBS Unnes Rustono mengatakan, bahwa ini kesempatan baik untuk melestarikan budaya dan nilai bahasa Jawa. "Ini merupakan agenda penting untuk mengukuhkan nilai budaya Jawa dalam taraf nasional atau internasional," tuturnya.
Pada kesempatan tersebut artis sinetron dan bintang iklan Christian Sugiono yang ditunjuk sebagai Duta Pengetahuan Bebas oleh Wikipedia Indonesia turut mengkampanyekan kompetisi itu. "Pengetahuan harus dapat diakses, termasuk dalam  bahasa Jawa. Maka dari itu, dengan memadukan teknologi dan budaya merupakan salah satu upaya melestarikan nilai tersebut untuk diteruskan agar langgeng," katanya. [R/CN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar