Pengunjung

Rabu, 27 April 2011

UMK Wisuda 393 Sarjana

Kudus - Sebanyak 393 sarjana diwisuda dalam Rapat Senat Terbuka Universitas Muria Kudus (UMK) dengan acara tunggal Wisuda ke-46 pada hari ini, Rabu (327/4).
Peserta wisuda kali ini adalah sebanyak 53 sarjana magister (S2), 296 sarjana (S1), dan 44 sarjana muda (D3). Mereka telah dinyatakan lulus oleh Program Studi (Progdi) yang telah mereka pilih. Sampai kini, UMK telah memiliki 15 Program Studi (Progdi) yang tersebar di enam fakultas; Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Psikologi.
Wisudawan/wisudawati yang meraih predikat terbaik pada wisuda kali ini di antaranya; Fakultas Ekonomi (Dewi Masitoh, MM./IPK 3,50), Fakultas Hukum(Bambang Sucipto, MH./IPK 3,80 untuk Program Magister dan Marlinda Pryamsari, SH./IPK 3,62 untuk S1), FKIP (Aan Nurul Amanah, S.Pd./IPK 3,34 untuk Progdi Bimbingan dan Konseling dan Suatman, S.Pd./IPK 3,61 untuk Progdi Bahasa Inggris), Fakultas Pertanian (Adi Suparyono, SP./ IPK 3,13), dan Fakultas Teknik Wiwit Agus Triyanto, S.Kom./IPK 3,56 untuk Progdi Sistem Informasi dan Joko Budi Utomo, A.Md./IPK 3,58 untuk Progdi Teknik Mesin)

Cerdas dan Santun
Motto kampus “Cerdas dan Santun” menjadi pegangan dalam bersikap sarjana jebolan UMK. Sarjana UMK memiliki kemampuan dan ilmu yang lebih. Mereka diharap untuk bersikap rendah diri. “Tantangan di masyarakat, ke depan lebih besar. Meskipun saudara memiliki kelebihan, janganlah bersikap takabur dan sombong. Tundukkanlah hati saudara, buktikanlah kelebihan itu dengan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat,” begitu pesan Rektor UMK, Prof. Dr. dr. Sarjadi, Sp.PA.
Agar kualitas lulusan bermutu tinggi, jelas rektor, UMK selalu mengevaluasi diri lembaga. Karena fakta menunjukkan bahwa hanya perguruan tinggi yang mengedepankan mutu lah yang tetap bertahan dan berkembang.
“Mutu yang baik didapat bukan dengan slogan yang megah akan tetapi diraih dengan kesungguhan dan kesadaran penuh untuk berkarya dan bekerja,” tegas Sarjadi.
Tahun ini, UMK telah mendapat perbaharuan Akreditasi dari BAN PT, yaitu Progdi Manajemen (S1) dan Progdi BK FKIP, masing-masing mendapat akreditasi B. Untuk masa beberapa bulan ke depan PS Akuntasi (S1) dan Psikologi (S1) akan mengajukan pembaharuan akreditasinya.
“Agar akreditasi Progdi Psikologi mendapat predikat B, maka UMK membangun satu unit gedung 4 lantai, untuk Fakultas Psikologi dan Fakultas Pertanian,” katanya.
Tahun ini, juga memenangi program PHKI B yang diselenggarakan oleh Dikti. Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, dana dari Dikti akan dimanfaatkan untuk melengkapi dan mengembangkan Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas KIP-BK.
Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, tambah rektor, UMK telah mendapatkan tambahan lulusan doktor sebanyak 4 dosen dan magister sebanyak 8 dosen. “Tiga doktor tadi, juga mendapatkan biaya short course di luar negeri (Australia dan Amerika),” jelasnya. [R/Farih]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar