Pengunjung

Jumat, 18 Maret 2011

UGM Bangun "Geo Camp" di Parangtritis

Yogyakarta - Dalam rangka memantapkan langkah menuju pembelajaran yang berkualitas dan berkarakter, Fakultas GeografI UGM mengembangkan jaringan dengan membangun''base camp'' di Laboratorium Geospasial Parangtritis (Bantul).
Peletakan batu pertama pembangunan gedung telah dilaksanakan oleh Dekan Fakultas Geografi UGM, Prof Dr Suratman MSc. Turut hadir dan menyaksikan dua mitra kerja dari Bakosurtanal dan Pemda Kabupaten Bantul.
Dekan menyatakan, sejarah perkembangan Laboratorium Geospasial merupakan bentuk kerja sama tripartid, antara UGM, Bakosurtanal dan Pemerintah Kabupaten Bantul. Kerja sama itu bertujuan untuk melaksanakan riset kolaboratif sumberdaya pesisir serta laut bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis informasi geospasial.
"Dengan dukungan "base camp" diharapkan laboratorium dapat berfungsi optimal bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.
Bangunan ''base camp'' satu lantai dengan luas 200 m2 itu diberinama ''geo Camp''. Di samping untuk praktek lapangan bagi sivitas akademika dibidang geo spasial dan kepesisiran, pembangunan ''geo camp'' diharapkan akan berkembang guna membangun
jaringan bisnis dan kewirausahaan bagi Fakultas Geografi khususnya pengembangan edu geowisata, seperti pelatihan pemandu ekowisata pantai, diskusi kelompok ekowisata, pambekalan dan adaptasi kehidupan pantai, ''coastal outbond''.
"Selain siswa dan periset wisata edukasi, beberapa pihak yang akan menjadi target sasaran adalah para wisatawan (tourism), para ekspedisi pecinta alam dan lingkungan serta kelompok pengamat bencana alam (pantai)," imbuhnya. [R/CN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar