Pengunjung

Rabu, 16 Maret 2011

Lestarikan Hutan untuk Kesejahteraan Masyarakat

Blora - Tugas dan tanggungjawab rimbawan untuk menjaga kelestarian hutan saat ini semakin berat. Ini berangkat kesadaran bahwa fungsi hutan kini tidak sekadar memiliki fungsi sosial-ekonomi dan sosial-budaya, tetapi sekaligus memiliki fungsi ekologis.
Hal tersebut dikemukakan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam apel Hari Bakti Rimbawan di Hutan Kota Randublatung yang dibacakan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho, Rabu (16/3/2011). "Saya mengingatkan, hutan kita tidak saja menjadi aset bangsa, tetapi juga aset dunia," katanya.
Untuk itu, para rimbawan diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme dan bekerja keras, dalam rangka menyukseskan Visi Kementerian Kehutanan 2009-2014, yaitu "Hutan Lestari untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan".
Dalam hal ini, Kementerian Kehutanan pun menekankan enam prioritas (kebijakan). Yakni pemantapan kawasan hutan, rehabilitasi hutan dan peningkatan daya dukung aliran sungai, serta pengamanan hutan dan pengendalian kebakaran hutan.
"Selain itu adalah konservasi keanekaragaman hayati, revitalisasi pemantapan hutan dan industri kehutanan, dan pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan," lanjut Bupati membacakan sambutan Menteri Kehutanan. [R]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar