Pengunjung

Kamis, 10 Maret 2011

Line Follower Robot Contest

Sedikitnya 37 robot karya mahasiswa dari 18 perguruan tinggi di Indonesia akan ’’berlari’’ maraton di lintasan sepanjang 1.103 meter. Aksi robot itu bisa disaksikan di ajang Line Follower Robot Contest yang akan digelar Rabu-Jumat (9-11/3/2011). ’’Kami akan membuat lintasan khusus yang memungkinkan robot bisa berjalan tanpa hambatan sejauh lebih dari satu kilometer,’’ kata ketua panitia lomba robot Prof Dr Ir Kuncoro Diharjo.
Lintasan akan dibuat dari halaman Student Center hingga Auditorium UNS yang menjadi lokasi lomba. Diharapkan kontes itu akan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), terutama aksi berjalan robot dengan lintasan panjang. 
Kuncoro yang guru besar termuda UNS itu mengatakan, dalam kegiatan yang sama juga digelar lomba desain jembatan berbahan sedotan plastik atau stik es krim. ’’Lomba ini khusus untuk siswa SMA. Yang akan diuji adalah desain itu serta kekuatan, estetis, dan kesesuaian dengan spesifikasi yang ditentukan. Peserta harus bisa mempresentasikan hasil karyanya,’’ kata dia.
Selain itu, digelar pula lomba desain kompor berbahan bakar alternatif. Penilaian akan dititikberatkan pada orisinalitas bahan bakar alternatif, efisiensi bahan bakar, serta desain kompor. [R/CN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar